Kandungan Madu Trigona Atau Madu Klanceng Alias Kelulut

Kandungan Madu Trigona atau Klanceng Alias Kelulut

Pada artikel ini kita akan membahas berbagai kandungan madu trigona atau klanceng yang begitu luar biasa. Pembahasan tentang kandunga madu klanceng ini sangat penting untuk kita sajikan kepada pembaca sekalian.

Pembahasan topik ini sangat penting untuk kita posting di website ini agar kita semua punya gambaran yang jelas kenapa madu klanceng atau madu trigona begitu tinggi manfaatnya untuk kesehatan. Sudah tentu pasti bahwa tingginya manfaat dan khasiat madu klanceng tidak bisa lepas dari banyak dan tingginya kandungan nutrisi dan zat aktif yang ada pada madu trigona ini.

Artikel Terkait

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang kandungan madu trigona, mungkin Anda perlu mebaca artikel penting di bawah ini.

Kandungan Madu Trigona Atau Klanceng

Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam pantotenat, Biotin, Asamfolat dan Vitamin K

Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.

Diatase, invertase, glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase

Lebah Trigona Merupakan Lebah Penghasil Propolis Terbaik Dan Terbanyak

Madu Trigona dikenal sangat kaya Propolis. Kandungan propolis yang tinggi inilah salah satu faktor penyebab kenapa madu trigona begitu kaya manfaat untuk kesehatan dan terapi penyakit.

Dari Segi kandungan gizinya, PROPOLIS dalam Madu Klanceng mengandung protein, amino acid, vitamins, mineral, dan flavonoids. Dengan semua kandungan gizi ini menjadikan propolis sebagai suplemen terbaik.

Kandungan amino acid, Vitamin A (carotene), Vitamin B1, B2, B3, biotin) yang sangat tinggi merupakan unsur esensial dalam menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan bioflavonoids [senyawa terpenting dalam propolis] 500 kali lebih besar daripada bioflavonoids pada buah dan sayur. Mejadikan propolis memang primadona dalam penyediaan zat gizi bagi manusia. Selain itu propolis juga mengandung albumin, calcium, magnesium, potassium dan phosphor, merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Dengan kandungan semua zat gizi ini menjadikan Madu Klanceng Atau Madu Trigona dengan propolisnya bisa sebagai suplemen yang sangat mencukupi tanpa perlu tambahan suplemen lain sekalipun untuk menjaga daya tahan kesehatan tubuh.

Propolis bersifat anti peradangan karena mampu melawan serangan bakteri, cendawan, dan virus. Propolis bersifat antioxidan karena kandungan Flavonoidsnya, selain itu bisa berfungsi sebagai salep untuk penyembuhan akibat luka bakar ataupun luka karena operasi.

Propolis dapat melindungi kesehatan mulut seperti radang gusi dan pengaruh bakteri di gigi. Sehingga saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan propolis ini dalam kandungan pasta gigi. memang ide yang bagus dalam menjaga daya tahan tubuh, karena mulut sebagai start awal dalam menjaga kesehatan, apabila sudah bebas dari serangan bakteri dan lain-lain, karena kandungan penyakit yang dibawa dari makanan ataupun karena lingkungan, maka sterilisasi pertama adalah bagian rongga mulut. Madu Klanceng sangat bagus digunakan untuk mencegah dan mengatasi sariawan akut.

Madu Trigona Kaya Dengan Kandungan Bee Pollen

Sepanjang hidupnya lebah tak bersengat [stingless bee] ini senantiasa menghasilkan tiga produk utama, yaitu madu, bee pollen dan propolis. Ketiga produk utama ini sebenarnya mereka buat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Produk-produk sebagai sumber pakan, pertahanan diri dan modal regenerasi.

Lebah trigona meskipun bertubuh kecil tapi punya kemampuan lebih tinggi dalam menghasilkan serbuksari (bee pollen) dibandingkan jenis apis atau Tawon Biasa semisal jenis A. cerana, A. mellifera dan A. dorsata. Hal tersebut disebabkan tingginya tingkat konsentrasi dan kebutuhan lebah trigona akan beepollen. Tingginya konsentrasi lebah trigona untuk mengumpulkan serbuksari jantan merupakan hal yang mudah kita pahami, karena lebah trigona tidak memproduksi royal jelly seperti halnya apis yang wajib menyediakan komponen ini sebagai bahan pangan para calon anak lebah dan ratu.

Dengan kandungan Bee Pollen, Madu Trigona semakin dahsyat manfaat dan khasiatnya. Bee Pollen sudah dikenal sebagai salah satu produk yang akan akan gizi dan nutrisi serta berbagai zat aktif yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Namun perlu diingat bahwa Bee Pollen yang kaya manfaat ini adalah Bee Pollen yang telah mengalami fermentasi alami di dalam sarang.

Kandungan Bee Pollen terfermentasi inilah yang membedakan Bee Pollen asal lebah Trigona dari Bee Pollen asal lebah jenis Apis atau Tawon. Bee Pollen asal lebah Tawon jarang yang mengalami fermentasi karena keburu dipanen oleh peternaknya. Paling lama 1 bulan sudah dipanen sehingga belum sempat mengalami proses fermentasi.

Sedangkan Bee Pollen asal Trigona, pemanenan biasanya dilakukan setelah umur 3 bulan lebih. Semakin lama semakin bagus krn akan semakin sempurna proses fermentasi. Bahkan ketika lebih dari 4 bulan, bee pollen yang sudah mengalami fermentasi akan berubah jadi madu dan akan bercampur dengan madu. Karena itulah madu Trigona sangat kaya akan kandungan Bee Pollen. Pembahasan tentang Bee Pollen secara lengkap insyaAllah akan kita bahas pada artikel yang lain.

Bagi yang belum SubScribe artikel, silahkan segera subscribe ya…biar nantinya selalu dapat update artikelnya. Untuk subscribe silahkan klik di SINI…

Demikianlah pembahasan tentang kandungan madu trigona atau kandungan madu klanceng ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi madu asal lebah trigona ini.

Tags: , , , ,
Previous Post

Keunggulan Madu Trigona Atau Madu Klanceng Yang Perlu Anda Tahu

Next Post

Inilah Keunggulan Lebah Trigona Atau Klanceng Yang Wajib Anda Ketahui

Comments

  1. Pingback: Keunggulan Madu Trigona Atau Klanceng Yang Perlu Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *